Pengenalan Microsoft Word

Halo semua berjumpa lagi di postingan kedua saya, kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang Microsot Word, karena yang saya gunakan adalah Microsoft Word 2007 maka saya akan membahas mengenai Microsoft Word 2007

Sebelum membahas mengenai fitur-fitur dan cara penggunaanya ada baiknya kita mengetahui apa sih Microsoft Word itu



Microsoft Word  adalah program untuk mengolah kata. Program ini umumya digunakan untuk menulis dokumen misalnya Makalah, Kliping , Novel , Skripsi dan sebagainya. Microsoft Word banyak digunakan saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, Word-Perfect dan lain-lain. Hal ini dikarenakan fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya. Microsoft Word sendiri sudah memiliki beberapa versi yaitu versi 2003,2007,2010 dan 2013

Setelah berkenalan dengan Microsoft Word kita akan membahas tampilan dan fitur-fiturnya dibawah ini.
Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas Title Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar,  Ribbon,  Ruler,  Status Bar, dan View Toolbar. Tampilan area kerja dapat dilihat pada gambar berikut ini.
 




Title Bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close.
Office Button berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti

New(membuat dokumen baru), Open(membuka dokumen yang sudah ada), Save (menyimpan dokumen), Save As(menyimpan dokumen dengan nama dan lokasi ) , Print (mencetak dokumen), Prepare(menyempurnakan dokumen), Send(mengirim dokumen ), Publish(mempublikasikan dokumen), dan Close(menutup dokumen).
Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternative penggunaan perintah yang sering digunakan.
Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya.
Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar.
Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen.
Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan.
View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain:
     Print Layout memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak (default).   
    Full Screen Reading memberikan tampilan halaman penuh.    
    Web Layout memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
    Outline memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.
    Draft memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan).



     Pengelolaan naskah terletak di dalam Menu Bar Home. Ribbon pada Menu Bar Home antara lain Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya terdapat perintah pengelolaan.
 
Adapun fungsi tiap button yaitu:
Font (Ctrl+Shift+F)
Untuk mengubah jenis huruf pada teks atau paragraph yang dipilih. 
Font Size (Ctrl+Shift+P)
Untuk mengubah ukuran huruf pada bagian naskah yang dipilih. Atau mengubah ukuran dengan keyboard Ctrl+] untuk memperbesar dan Ctrl+[ untuk memperkecil.
Grow Font (Ctrl+>) & Shrink Font (Ctrl+<)
Untuk memperbesar ukuran huruf (Grow Font) dan memperkecil ukuran huruf (Shrink Font) secara otomatis tanpa harus memilih ukuran huruf.
Bolt (Ctrl+B)
Untuk menambahkan efek cetak tebal pada bagian teks yang dipilih.
Italic (Ctrl+I)
Untuk menambahkan efek cetak miring pada bagian teks yang dipilih .
Underline (Ctrl+U)
Untuk menambahkan efek garis bawah pada bagian naskah yang dipilih.
Striketrough
Untuk menambahkan efek garis tengah pada bagian naskah yang dipilih.
Subscript (Ctrl+=)
Untuk membuat bentuk penulisan teks dengan posisi di bawah garis dasar teks normal.
Superscript (Ctrl+Shift++)
Untuk membuat bentuk penulisan teks dengan posisi di atas garis teks normal.
Change Case
Untuk mengubah teks yang diseleksi menjadi huruf capital atau huruf normal secara otomatis.
Text Hightlight Color
Untuk menandai bagian naskah yang dianggap penting dengan warna yang dipilih.
Font Colour
Untuk mengubah warna huruf bagian teks yang diseleksi.
Clear Formating
Untuk menghapus semua perubahan font dan mengembalikan ke default font.
Bullets
Untuk membuat daftar atau penomoran berupa symbol atau picture.
Numbering
Untuk membuat daftar penomoran berupa angka.
Multilevel List
Untuk membuat level penomoran berupa angka atau nomor urut.
Decrease Indent
Untuk menurunkan level penomoran pada Multilevel List, misalnya dari level 2 ke level 1.
Increase Indent
Untuk menaikkan level penomoran pada Multilevel List, misalnya dari level 1 ke level 2.
Show/Hide (Ctrl+*)
Untuk menampilkan dan menyembunyikan paragraph mark dan symbol format lain, misalnya break section, spasi dan enter.
Align Text Left/Center/Right/Justify
Untuk mengatur perataan teks rata ke kiri (Ctrl+L).
Untuk mengatur perataan teks rata tengah (Ctrl+E).
Untuk mengatur perataan teks rata kiri (Ctrl+R).
Untuk mengatur perataan teks rata kanan dan kiri (Ctrl+J).
Line Spacing
Untuk mengatur spasi atau jarak antar baris dokumen.
Shading
Untuk menambahkan variasi warna latar belakang teks.
Borders
Untuk menambah variasi border pada sebuah teks. Tujuan dari penambahan outside border adalah untuk mempercantik judul atau bagian teks.
Sort
Untuk mengurutkan data pada sebuah table. Pengurutan dapat dilakukan dari kecil ke besar atau sebaliknya dari data yang besar ke data lebih kecil.
Styles
Untuk mengubah styles paragraf atau dokumen secara otomatis. Pada bagian ini terdapat beberapa pilihan style yang dapat menjadikan dokumen terlihat lebih cantik dan profesional.
Change Styles
Untuk mengubah style paragraf yang aktif. Pada bagian ini dapat dilakukan perubahan bagian style, warna style, dan font file.
Find (Ctrl+F)
Untuk mencari kata atau halaman secara cepat.
Replace (Ctrl+H)
Untuk mengganti kata/frase/kalimat secara cepat dan otomatis.
Select
Untuk menyeleksi bagian naskah atau gambar secara cepat. Melalui button ini dapat dilakukan seleksi teks, table, caption dan gambar secara cepat.

Demikian pengenalan singkat saya kepada Microsoft Word 2007 semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca 

Daftar Referensi 
Modul Microsoft Word 2007






Share on Google Plus

About Irwanto Wijaya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar